Rabu, 26 Agustus 2009

Colek-colekan,euy.. Colek-colekan..

2hari yang lalu saya naik kreta ekonomi Jakarta-Bogor. Kebetulan dapet tempat duduk.
Lagi tenang menikmati pjalanan tiba2 dateng anak kecil. Peminta2. Kebetulan duit saya mepphett (Hwehe.Pantesan naik ekonomi),jadi saya cuma bisa kasih dia lambaian tangan mesra aja. "Nggak,dek".
Tapi si adek keukeuh sumereukeuh,euy. Tetep aja dia nyolek2 sambil bilang "Kak,minta kak". Ada 10 kali lebih dia nyolek. Aduh,dek.. Uang kakak bener2 pas-pasan.
Melihat profesinya, meskipun mrasa sangat terganggu (dicolek2 mulu,gt), saya cuma bisa diem aja. Ha ga punya bargaining position sama sekali. Rasul aja pasang tampang nggak enak sama peminta2, ditegur Allah. Apalagi ummat penuh dosa seperti saya. Ya sudahlah. Mungkin ini ujian di bulan Ramadhan. Saya diem aja. Tapi ternyata orang-orang di sekeliling saya yg heboh. "Mbak kok diem aja sih digituin. Saya suruh pergi, tu anak malah marah-marah," kisah seorang ibu di samping saya yang tadi sempat beberapa kali nyuruh peminta-minta itu pergi. Yah,bu.. Kalo udah ketemu yg macam ini ni, peminta-minta yg masih balita, hati dan akidah mana tega.. Pelajaran yg saya dapat dari peristiwa ini:
- Sabar aja sama kaum peminta2. Hadapi dengan tenang. Kita yang diminta ini meskipun duit pas-pasan lebih beruntung dari mereka,jadi bersyukurlah dengan cara bersabar. Toh akidah pun nggak memperbolehkan kita main kasar sama mereka.
- Kalo emang dasarnya kita kurang sabar, hindari kondisi uang pas-pasan. Coba deh kalo uang saya ga pas-pasan, saya bisa pulang minimal naik kereta ekspres yang ga memungkinkan peminta-minta hilir mudik. Atau setidaknya, saya punya uang yang bisa saya kasih ke si adek, jadi saya ga perlu dicolek-colek.
Tapi terus terang saya jadi dapet ide, besok-besok kalo si adek nyolek lagi, saya bales colek ah..Hehe..

Tidak ada komentar: